Monday, March 8, 2010

Apa Sih Kuret?

Jujur, aku sebelumnya kurang paham sama apa yang namanya kuret (kuretase) itu. Malah aku taunya kuret itu artinya rahim kita diangkat karena ada sesuatu yang menyeramkan dan membahayakan. Duh.. Horor bener yaa... Smoga ga pernah kejadian sama kita deh ya.. *berasa ngomong sama banyak orang,hihi..*


Nah... Karena pengetahuan yang minim itu, aku jadi takut banget begitu dokter memvonis janin yang aku kandung ga berkembang dan harus diambil tindakan kuret. Aku langsung punya pikiran macem-macem, "jangan-jangan dikuret itu sakit banget, jangan-jangan prosesnya kaya melahirkan caesar, jangan-jangan penyembuhan pasca kuret butuh waktu lama"... Pokoknya sempet dibikin khawatir sampe ga bisa tidur.


Oke2... Daripada ada yang mau dikuret trus baca tulisan ini jadi tambah parno, mending aku ceritain detilnya dulu yaaa...


Setelah berusaha untuk ikhlas, aku dan suami memutuskan untuk kuret di Kemang Medical Care (KMC), tempat dr. Achmad Mediana praktek. Seperti yang udah aku ceritain, selain di KMC, sebenarnya dr. Achmad juga praktek RS Gandaria. Tapi karena aku udah terlanjur jatuh cinta sama KMC, ya udahlah dibela-belain aja berjauh-jauh ria dari Ciledug ke Kemang. Lagian biayanya juga ga beda jauh, jadi IMHO mending pilih RS yang lebih nyaman kali ya.. Just my opinion loohh...


Dua hari sebelum kuret, dr. Achmad ngasih aku cycotex. Tapi dia bilang, diminumnya kalo udah yakin mau dikuret aja. Misal jadwal kuret hari senin, obatnya baru diminum minggu. Kalo aku malah baru minum obatnya beberapa jam sebelum tindakan. Belakangan baru tau kalo obat ini fungsinya untuk menggugurkan kandungan. Mudah-mudahan aja obat ini ga gampang ditemukan di pasaran biar ga banyak orang yang salah menggunakan.

Kalo ga salah, aku minum cycotex jam9 pagi. Setelah itu juga disuruh puasa makan karena dijadwalkan kuret jam2 siang. Sampe di KMC dicek dlu sama dr. Achmad dan dia bilang kayanya udah mulai ada pendarahan. Sekali lagi, si dokter nyuruh aku untuk ikhlas. Iya iya dokter... :)


Sekitar jam2.30 aku masuk ruangan operasi. Disni nih aku mulai sedih lagi karena sadar aku masuk delivery room lebih awal dari yang seharusnya. Apalagi pas masuk ruang operasi aku ga ditemenin suami karena suami dilarang masuk sebelum proses operasi selesai. Akhirnya ya bisa ditebaklah ya, aku mewek dengan sukses,hehe.. Untung suster2nya ramah banget. Dokter anastesinya juga very nice. Makasih ya semuaaa..


Sekitar jam3, efek dari cycotex mulai kerasa. Darah mulai ngalir. Feels like a first day period.
Ngucuuuurrr terussss... Suster langsung ngasih aku alas yang berbahan pembalut gtu deh.


Ga lama, aku diinfus buat masukin obat bius. Agak sakit pas disuntik soalnya ga pernah ngerasain diinfus sebelumnya. Karena ga ada suami, aku meringis-meringis sendirian aja deh.

Proses kuretnya sendiri baru dimulai jam4an, karena harus nunggu dr. Achmad selesai praktek. Obat bius mulai dimasukin pas dr. Achmad udah sampe ruang operasi. Aku inget banget dokter anastesi nanya ke aku, "sakit ga bu?" pas dia masukin obat bius. Dia nanyanya dua kali. Yang pertama aku masih sadar untuk jawab "iya dokter, sakit". Tapi setelah biusan kedua, aku cuma bisa denger pertanyaan dokter tanpa sempat menjawab,hehe... Tiba2 semua gelap dan zzzzzz... Aku pun masuk alam bawah sadar, lebih dalam.. lebih dalam.. dan lebih dalam,hihihi...


Aku ga tau persis proses kuretnya berapa lama. Yang jelas, tiba-tiba yang gelap itu perlahan berubah jadi terang,halah... Lalu suster dateng dan bilang "Udah selesai, bu". Weeeehh... Beneran udah selesai? Eh beneran aja gtu udah selesai karena ga lama dari itu, aku liat suamiku dataaaanngg... Langsung deh peluk2 dan cium2,hehe... Waktu itu udah ga ada mewek2 lagi, yang ada perasaan lega karena semua berjalan lancar.


Lalu, jadinya sakit ga dikuret??? Jawabanya TIDAK saudara-saudara..!! Beneran koq dikuret itu ga sakit sama sekali karena kita kan pasti dibius total. Jadinya ga akan ngerasa apa-apa, tau-tau dah selesai. Habis kuret sempet kram perut tapi cuma bentar, ga sampe 30 menit. Jadi, buat yang lagi menjadwalkan kuret, ga usah takut yaaa… Yang penting tetep ikhlas karena itu memang yang terbaik… Ciayyooo..

No comments:

Post a Comment