Sunday, August 23, 2009

Not Yet Legal But Certified




Wohoooo... Look at those pictures. Yups... We finally got the certificate after attended the Suscatin (Kursus Calon Pengantin) days ago.


Apa itu Suscatin?

Suscatin itu semacam penyuluhan singkat buat para calon pengantin tentang pernikahan. Di suscatin itu, para capeng dikasih pengarahan dan tips dari kantor KUA. Sempet kepikiran kalo kursus beginian agak-agak ga penting dan cuma jadi ajang cari "tambahan" buat aparat pemerintahan (ooppss...sorry). Tapi, ga tau kenapa cowo gw justru semangat bgt pengen dateng ke acara ini.

"Udahlah sayang kita ikut aja. Ga rugi koq. Pasti ada hikmah (hmmm... im not really sure he really said hikmah,hihihi..) yang bisa kita ambil.."


Well...Okay... Untuk mengobati rasa penasaran cowoku buat hadir di Suscatin ini, berangkatlah kami pagi-pagi skali (ya jam6.30 itu sangat pagi buat pasangan journalist dan copywriter yang biasa ke kantor paling cepet jam9, hehe...). Dan (lagi-lagi). Karena ga biasa berangkat pagi, kami ga tau kalo di perempatan Mampang, dr arah Tendean, itu ga boleh belok kanan sebelum jam10 (ato jam9??). Jadilah kami muter-muter dulu sampe Gatsu. Hahaha...Bodohnya...


Sampe di KUA Pancoran, ternyata kami dateng paling awal. Padahal udah jam9 kurang 10 menit dan harusnya Suscatin udah dimulai jam 9, seperti jadwal yang kami terima. Bertanyalah saya ke bapak-bapak penjaga KUA.


Me : Pak...Koq masih sepi ya?

Bpk KUA : Iya dek (what's on his mind..??Am i his sister or what..??) ini kan masih jam9. Ade datengnya kepagian. Jadwal Suscatin kan jam10

Me : Hehh..? Jam10 pak? Tapi kita dikasih tau kalo acaranya mulai jam9 loh pak...

Bpk KUA : Ade kaya ga tau Jakarta aja. Itu cuma trik supaya pada dateng lebih awal. Biasalah kan suka pada alesan macetlah inilah itulah. Makanya kita bikin undangannya lebih awal dari jadwal sebenernya

Me : Tersenyum dan ga percaya kalo saya benar-benar tinggal di kota aneh bin ajaib ini. Jakarta honey Jakarta...!! Detik itu juga rasanya saya pengen mencakar-cakar muka si bapak itu...*manyun*


Ke-manyun-an gw belum berakhir. Si bapak nyebelin ini tiba-tiba nyodorin paket buku tentang pernikahan dan meminta infaq sebesar Rp 50 ribu dari gw yang katanya untuk biaya nyetak buku. Duuuuhhh…Bikin gemes aja ya si bapak ini. Kapan saya pernah pesen buku sama bapak yaaa..??? :-B Karena kami ga mau nyari ribut ya sutralah kami ikhlaskan saja. Sebenernya bukan masalah ngeluarin uangnya yang bikin kami sebel setengah mati, tapi ketidakjelasan dasar pemungutannya. Kalo emang jelas ada peraturannya, kami bisa koq jadi warga negara yang baik. Yah…Semoga sistem yang masih kurang baik ini bisa mendapat perhatian khusus dari pemerintah biar semua masyarakatnya bisa menikah tanpa ngedumel.

Lepas dari si bapak nyebelin itu, kami akhirnya dipersilahkan masuk ke ruangan bersama sekitar 10 pasangan capeng lainnya. Selama Suscatin, cowo gw terlihat lebih antusias dibanding gw, hehehe..Dia bahkan dengan semangatnya menjawab pertanyaan yang diberikan pengisi acara. Jawabannya tentu saja dahsyat dan tidak terduga... That’s why I love him… :x

Suscatin berlangsung selama kurang lebih 2 jam-an. Kami dikasih nasehat-nasehat tentang bagaimana agar pernikahan bisa berlangsung harmonis. Sebelum berakhir, ada simulasi akad nikahnya juga loohh… Baru simulasi aja gw dah merinding dan terharu. Apalagi besok kalo akad beneran ya… Semoga gw kuat dan ga malu-maluin karena nangis sesenggrukan pas akad nanti, hehehe…

2 comments:

  1. bu, ini si suscatin kita diundang/di telp gitu apa gemana siy? hihi..abisan yg ngurusin KUA bokap, jd gue clueless nih..tertarik jg mau ikutan :D

    ReplyDelete
  2. @ dinda: Waktu itu sih gw diundang say. Yang ngurus KUA gw juga nyokap. Dan pas waktu nyerahin semua berkas-berkas ke KUA akhir (sebelumnya gw sama cowo gw ngurus ke KUA masing2 untuk izin nikah di KUA Pancoran), dikasih tau deh sama pengurus KUA-nya kalo gw disuruh dateng di suscatin itu. Coba aja dirimu tanyakan sama bokap...

    ReplyDelete