Saturday, October 31, 2009

A Night Before...(A Wedding Story part I)

Semua persiapan sudah matang. Rundown + contact person panitia udah disebar. Semua panitia juga udah siap dengan tanggung jawab masing-masing. Di malam terakhir sebelum hari H itu, kami semua udah rileks. Ga ada lagi yang tegang (kecuali saya tentunya,hehe..). Rumahku udah dipenuhi sodara2 dari Jawa yang siap jadi saksi kebahagiaan kami. Keluarga Deny dari Jogja juga udah datang dan kebetulan nginep di rumah tetanggaku yang kosong. Semua tertawa. Semua bahagia dan tidak sabar menanti hari esok untuk datang.

Namun, tiba-tiba....

Kabar duka itu datang. Di malam itu, salah satu pakdeku yang dari Jawa dikabarkan terkena serangan jantung. Padahal, beliau baru saja sampe di Jakarta siang harinya. Semua tawa tiba-tiba hilang. Kami berdoa semoga pakde masih diberi kekuatan. Akupun berdoa dengan sepenuh hati semoga semua baik-baik saja.


Sampai akhirnya...


Telepon itu berdering. Semua orang menebak-nebak apa yang dikabarkan si penelpon. Dan... Hiks... Ternyata pakde tidak dapat diselamatkan. Innalillahi wa inna lillahi rajiuun... Ibu langsung nangis karena pakde itu kakak kandungnya. Semua orang yang ada di rumah juga mulai mengeluarkan air mata. Tidak terkecuali aku.


Ya... Aku menangis sejadi-jadinya malam itu. Aku sedih karena banyak hal. Aku sedih karena harus kehilangan salah satu pakde yang jarang sekali ketemu karena beliau berdomisili di Jawa Tengah. Aku sedih karena beliau tidak bisa melihat salah satu keponakannya menikah. Aku sedih karena kenapa harus terjadi malam itu, saat semua sedang menantikan kebahagiaan. Aku sedih karena memikirkan apa yang akan terjadi di acaraku nanti dengan adanya kejadian ini.


Untung aku punya keluarga dan pacar (pada saat itu yaaa...) yang terus memberikan semangat dan meyakinkan aku bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mereka menyemangati aku dengan kalimat-kalimat seperti:

Ibu
"Udah Bim... Kamu tidur aja jangan nangis terus. Bapak dan pakde-pakde yang lain pasti bisa nyari jalan keluar yang terbaik. Kamu tenang aja. Kalo kamu nangis terus ibu jadi sedih..."

Deny
"Sayang... Kita udah berusaha yang terbaik. Kalo tiba-tiba ada kejadian ini, semua itu emang udah kehendak Allah. Kamu ga boleh nangis terus karena itu sama aja kamu marah sama Dia. Ga boleh gtu sayang. Ikhlas aja. Serahin aja semuanya sama Allah ya... Aku sayang kamu..."


Mamas (kakakku)
"Dek... Udah ga usah panik. Aku ntar yang bakal ngurusin semuanya. Kordinasi acara besok aku yang pegang..."


Nipong (Adekku)
"Hush... Udah jangan nangis terus.Kasian ibu..." sambil ngelus2 pundak aku

Malam itu juga bapak bikin rapat dadakan sekaligus pembentukan panitia cadangan. Panitia ini yang nantinya meng-cover panitia sebelumnya yang terpecah karena sebagian harus ada yang mengantarkan jenazah pakde ke pemakaman di tempat tinggalnya.


Malam itu, aku baru bisa tidur sekitar jam 12. Padahal, jam2 udah harus bangun karena kita berangkat dari rumah jam3.30. Malam itu mungkin menjadi malam dimana aku mengalami titik terendah dalam hidup. Aku sedih, bingung, dan ga tau harus ngapain. Tapi, aku berusaha meyakinkan diri bahwa aku pasti kuat dan bisa jalanin ini semua. Dengan tentunya terus berdoa agar Allah memberikan yang terbaik untuk kami semua...


to be continued...

4 comments: