Friday, May 1, 2009

The Venue

Setelah semua acara lamaran beres, kami mulai sibuk mencari gedung yang bakal jadi saksi kebahagiaan kami (amieen..). Untuk masalah gedung, keluarga cowo gw menyerahkan sepenuhnya ke keluarga gw. Soalnya kan pernikahan kami bakal diadain di Jakarta, sedangkan mereka tinggal di Jogja. Ya sudah mereka pasrahkan saja semua. So far mereka sih manut dan ga banyak kemauan ini itu yang kadang bikin calon pengantin bete. Alhamdulillah banget deh kemauan kedua keluarga masih bisa dipenuhi.

Dan dimulailah proses pencarian gedung. Yang terlibat dalam proses ini : gw, cowo gw, dan nyokap. Ga lupa bantuan dari beberapa orang yang ngasih banyak masukan tentang gedung mana aja yang oke. Si ibu nanya-nanya ke temen-temennya dan gw banyak nyari info di internet, terutama dari WK. Gw juga banyak dapet informasi mengenai gedung dari blog ibu yg satu ini. Dia mantan anak WK yang sekarang dah resmi jadi suami orang :) Makasih banyak ya bu buat info2nya..

Setelah browsing sana sini, tanya ini itu, akhirnya kami mendapatkan beberapa kandidat gedung :

* Masjid Raya Al Azhar Kebayoran

Belum sempet survey langsung sih ke masjid ini, cuma sering ngelewatin aja. Dan sekilas kami berdua suka sama venue yang satu ini. Akhirnya, si nyokap mulai kasak kusuk nyari tau harganya. Untuk pernikahan siang harganya Rp 7 juta plus biaya tambahan untuk akad nikah berapa gtu gw lupa.


* Gedung Dept Dalam Negeri (Bangda) Kalibata

Gedung ini yang dipake buat nikahan kakakku tahun lalu. Sebenernya ga terlalu suka karena lokasinya di ujung gtu jadi agak2 susah nyarinya. Udah gtu, kamar mandi yg di ruang rias ga ada airnya, kan repot kalo tiba2 gw pengen pipis,hehe..Tapi karena harga gedung ini msh reasonable dengan budget kami ya sudah dimasukin aja deh ke dalam daftar calon gedung. Harga gedung Rp 3,5 juta saja dengan biaya akad Rp 500ribu. Murah bukan??


* Gedung Pertemuan Dharma Wanita Pusat

Lokasinya strategis banget yaitu di daerah kuningan. Letaknya jg ga terlalu susah dicari. Harga masih cukup bersahabat. Untuk pernikahan siang dipatok Rp 5,5 juta. Bolehlah..


* Balai Makarti Muktitama Deptrans Kalibata

Lokasi gedung ini ga jauh dari gedung Bangda, di daerah kalibata gtu. Bentuk bangunannya pas bgt buat yang mau ngadain pernikahan dengan adat Jawa. Karena ada sodara gw yang kerja di Deptrans, kami sangat terbantu utk ngedapetin info ttg gedung ini. Harga gedung untuk pernikahan siang tahun 2009 sebesar Rp 4 juta. Untuk biaya akad hanya butuh tambahan Rp 300ribu. Siipp..

Setelah puas hunting gedung-gedung murah di Jakarta, pilihan kami akhirnya jatuh di Gedung Balai Makarti Muktitama. Kenapa? Yang jelas karena harganya itu loooh yang terjangkau sekali. Sebenernya pengen di Al Azhar ato Dharma Wanita yang juga masih terjangkau. Tapi kalo di kedua tempat itu ternyata harga cateringnya bisa lebih mahal. Bisa bahaya kalo gtu, secara catering itu merupakan komponen pernikahan yang paling mahal. Sooo..Kami buang jauh-jauh keinginan menggelar pernikahan di kedua tempat itu. Sedih? Tentu tidak. Karena kami yakin dimanapun resepsi diselenggarakan, insya Allah ga akan mengurangi arti pernikahan itu sendiri..Amieen..

Untuk Bangda, kami ga jadi pake gedung itu bukan karena alasan mahal. Justru gedung ini yang paling murah diantara gedung pilihan kami lainnya. Hanya saja untuk bulan Oktober, gedung ini dah fully booked. Yang tersisa hanya untuk tgl 3 siang yang artinya hanya seminggu setelah lebaran. Mepets banget kan??Kami ga berani ngambil untuk tanggal segitu. Takutnya tamu2 kami belum pulang dari mudik lebaran dan resepsi kami jadi sepi deh. Ga mauuu..

Ya ya ya..Last opsi adalah Balai Makarti.Waktunya pun pas sekali dengan keinginan kami yakni 17 Oktober. Sebenarnya kami ga ada perhitungan khusus dalam menetapkan tanggal pernikahan. Yang jelas harus tahun ini juga dan ga terlalu jauh atau dekat dari lebaran. Karena kami harus menyesuaikan dengan jadwal kakak gw yang sekarang lagi dinas di Papua.

Udah dapet tanggal yang klop, kami langsung DP. Ga usah banyak2 DPnya. Cukup dengan Rp 500 rb saja. Sisanya dilunasi 14 hari sebelum hari H. Senangnyaa..Satu masalah terpecahkan..Semoga semuanya lancar, Amieen..


gambar diambil dari http://aji-rayakritikuswedding.blogspot.com/2009/02/balai-makarti-muktitama.html

No comments:

Post a Comment